24 C
en

Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia – Kereta api merupakan salah satu alat transportasi darat yang menjadi favorit bagi masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Kereta api digerakknya dengan tenaga gerak yang berjalan di atas lintasan rel.  Cara berjalan kereta api yang khas ini menjadi salah satu alat transportasi masal yang disukai banyak orang, selain itu ketika menaiki kereta api kita bisa melihat keindahan alam sekitar dan tidak terjadi kemacetan. Namun, perjalanan menggunakan kereta api terkadang membuat rasa takut dan menegangkan ketika melewati rute-rute yang sangat ekstrim dan berbahaya.

Jalur kereta api memang sering melintasi jalan-jalan atau daerah seperti pegunungan, tebing, sawah, jembatan yang tinggi dan berbagai tempat ekstirm lainnya. Ketika kereta melintasi  jalur yang ekstrim tentu penumpang akan merasakan ketegangan dan ketakutan tak sedikit mereka yang berteriak seperti naik roles coster. Seperti apa jalur lintasan kereta api paling ekstrim di dunia tersebut? simak ulasan lengkapnya di asliunik.net

Jalur Kereta Api Paling Ekstrim dan Berbahaya di Dunia


Jika anda ingin merasakan ketegangan ketika naik kereta api anda bisa mencoba menaiki beberapa kereta api dengan jalur paling ekstrim dan menegangkan yang tersebar di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia berikut ini.

Pilatus Railway, Swiss


pilatus railway
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Pilatus Railway merupakan jalur lintasan kereta api paling ekstrim dan curam yang ada di dunia.  Dikatakan paling curam karena tingkat kemiringannya mencapai 48% dimana jalur lintasan kereta api pada umumnya memiliki kemiringan hanya 38%.  Jalur lintasan ini berada di Swiss pada ketinggian 2.073 mdpl yang dibangun pada tahun 1889. Tingkat kemiringan yang ekstrim membuat jalur lintasan ini sangat menyeramkan dan tentu kereta yang melintas tidak dapat berjalan dengan cepat. Tingkat kecepatan kereta api ketika melintasi jalur ini sekitar 9 hingga 12 km/jam. 

Lintasan yang curam ini pun tak membuat kereta akan berjalan mundur karena dilengkapi dengan gerigi yang ada di tengah rel. Gerigi tersebut berguna mencegah agar kereta api tidak mundur ketika berhenti. Untuk dapat merasakan ketegangan naik kereta api pada lintasan pilatus railway ini anda bisa datang pada bulan mei serta november. Pada bulan tersebut kereta api beroperasi di lintasan ini karena rel lintasannya tidak tertutup oleh salju.

Outenique Choo Tjoe Train, Afrika Selatan


asliunik.net
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Jalur lintasan kereta api Outeniquw choo tjoe train ini dibangun diatas samudra hindida yang telah dibuka mulai tahun 1908. Awalnya rel kereta api ini cukup berbahaya karena banyak mengakibatkan kecelakaan karena banyaknya kayu berjatuhan disepanjang rel. Namun kini lintasan kereta api ini sudah diperbaiki dan sudah aman. Namun begitu, ketika melintasi rel kereta api ini penumpang tetap merasakan ketegangan yang luar biasa.


Chennai rameswaram route, India


asliunik.net
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Jalur kereta api ini dibangun diatas laut yang pastinya luas dan dalam sekali dan menjadi bagian dari jalur lintasan kereta api yang menyeramkan sekaligus menyenangkan. Lintasan kereta api ini dibangun diatas laut sepanjang 1,4 mil yang menghubungkan antara pulau yang ada di Rameswaram di selatan India. Rel kereta api ini dibangun pada tahun 1914. Ingin menikmati keindahan sepanjang laut di dalam kereta api anda bisa naik kereta api yang melintas di jalur ini.

Argo gede kereta railroad, Indonesia


jalur kereta api ekstrim di indonesia
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Di Indonesia sendiri punya lintasan kereta api yang sangat menyeramkan dan menakutkan. Jalur lintasan kereta api tersebut menghubungkan rute perjalanan Jakarta dan Bandung. Kereta api argo gede lah yang melintas dan beroperasi di lintasan rel kereta api ini. Jalur rel kereta api ini berada dijembatan yang posisinya persis diatas jurang yang sangat curam. Tetapi di sisi lain ketika melintas di jalur ini akan melihat dan menikmati pemandangan hijau yang indah dengan liukan sungai dibawah lintasan kereta api.


Potrerillos railway, Chile


potrerillos railway, chile
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Jalur rel kereta api Potrerillos railway ini berada di pegunungan Andes pada ketinggian 2850 mdpl. Jalur rel lintasan kereta api ini dibangun tahun 1916 oleh sebuah perusahaan yang bernama Andes Copper Mining yang digunakan sebagai penghubung antara daerah tambang Potrerillos       dan pelabuhan yang ada di Barquito untuk mengirim dan menganggut tembaga. Pada tahun 1959 jalur lintasan ini ditutup karena persediaan tembaga menipis dan warga pun meninggalkna kota Potrerillos. Namun, aktivitas peleburan dan juga pemurnian tembaga tidak berhenti dan tetap berjalan hingga saat ini.  Jalur lintasan kereta api ini dibangun dengan panjang 155 km yang berada di lereng pegunungan, berkelok dan juga melintasi terowongan yang cukup menegangkan.

Kuranda scenic railway, Australia


asliunik.net
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Jalur lintasan scenic ini merupakan jalur rel kereta api yang cukup memusingkan para penumpang. Jalur rel yang dibangun di dalam hutan tropis berada di antara hutan yang lebat dan disampingnya adalah jurang-jurang yang dalam. Ketika menaiki kereta api dan melintas di jalur ini akan merasakan suatu ketegangan yang mencekam, namun penumpang bisa menikmati keindahan air terjun yang ada di tebing sebelah rel kereta api yang airnya kadang meneteskan ke dalam kereta. 


Las nubes, Argentina


asliunik.net
Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia

Rute rel kereta api paling ekstrim selanjutnya adalah las nubes yang dapat ditemukan di Argentina. Jalur lintasan rel kereta api ini selesai dibangun pada tahun 1948 yang melintasi trek-trek yang menegangkan. Rel kereta api ini melintasi  13 jembatan, 21 terowongan yang banyak dijumpai spiral dan juga garis berbentuk zigzag.

Jalur Kereta Api Paling Ekstrim di Dunia tersebut mampu membuat ketegangan bagi para penumpangnya. Untuk mendapatkan berita unik dan terbaru lainnya bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Jembatan Paling Unik di Dunia, jangan lupa like dan share.

Older Posts
Newer Posts
Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4