24 C
en

Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia yang mencapai ratusan juta memang telah menjadi sebuah tradisi atau budaya secara turun menurun dan itu tetap dilakukan hingga kini.  Indonesia sebagai negara yang sangat beraneka ragam namun tetap menyatu dalam satu kesatuan yang utuh yaitu Indonesia. Setiap daerah memiliki tradisi atau budaya yang berbeda-beda dan telah melekat pada masyarakatnya yang terus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah dan menjadi salah satu ciri khas dari negara Indonesia itu sendiri.

Dari beragam budaya yang ada di Indonesia salah satu budaya yang unik dan menyita perhatian adalah tentang tradisi pernikahan khususnya dalam hal mahar pernikahan.  Suatu pernikahan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang dan di dalam pernikahan tentu tidak terlepas dari yang namanya mahar pernikahan.


asliunik.net
Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Beragam cara dan tradisi dalam suatu pernikahan yang ada di Nusantara ini merupakan suatu kebanggaan dan juga kekayaan yang harus selalu dijaga dan dilestarikan agar tidak tergeser dengan tradisi pernikahan modern seiring perkembangan zaman yang serba canggih sekarang ini. Salah satu hal yang pastina ada dalam pernikahan adalah tentang mahar. Dimana mahar itu adalah mas kawin yang diberikan dari mempelai pria kepada mempelai wanita. 

Namun, di beberapa daerah ini ada tradisi yang unik dimana ada penentuan berapa besar jumlah mahar atau mas kawin untuk mempersunting calon mempelai wanita.  Patokan jumlah mahar memang berbeda-beda dan cukup mahal bahkan hingga mencapai ratusan juta rupiah.  Nah, bagi kalian para cowok-cowok jika ingin atau memiliki pasangan dari daerah-daerah ini anda harus menabung dulu dari sekarang. hehehe...

Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia


Penasarankah anda daerah mana sajakah yang memiliki patokan jumlah mahal paling mahal tersebut?. Simak terus ulasannya di asliunik.net

Kalimantan Selatan


tradisi pernikahan di kalimantan selatan
Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Pemberian mahar dari mempelai laki-laki kepada mempelai wanita tentu hal yang sangat wajib dalam pernikahan. Di Kalimantan Selatan menyebut mahar dengan jujuran. Jumlah jujuran atau mahar telah ditentukan oleh masyarakat setempat dengan mematok jumlah mahar antara 5 juta rupiah sampai 20 juta rupiah.  Namun itu belum termasuk barang-barang atau peralatan seperti biaya untuk penggadaan pesat, tempat tidur serta keperluan sang mempelai wanita. Selain itu jumlah undangan yang diundang pun akan disesuaikan dengan mas kawin/jujuran yang diberikan dari pihak lelaki. 

Jadi semakin banyak uang atau mahar atau jujuran yang diberikan maka tamu yang diundang pun akan semakin banyak, begitu pula sebaliknya. Nah, suatu pernikahan dengan mahar yang besar atau kecil bisa dilihat dari tamu undangan yang hadir.

Suku Sasak, Lombok Tengah


pernikahan adat suku sasak
Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Suku Sasak berada dikampung Sade yang tetap menjaga dan melaksanakan budaya tata cara pernikahan yang telah ada dari dulu.  Tradisi yang unik dan mungkin hanya ada di Indonesia saja bahwa di suku sasak asli ini ada tradisi melakukan pernikahan dengan kerabatnya sendiri. Kenapa?  Masyarakat setempat menganggap bahwa menikah dengan orang yang berbeda daerah atau diluar kampung tersebut akan dikenakan biaya yang besar.  biasanya biaya yang harus dikeluarkan melebihi 2 ekor kerbau, namun jika perempuan yang satu kampung maka jumlah maharnya hanya kisaran 2 juta sampai 3 juta rupiah saja.  

Ada juga beberapa daerah di Lombok Tengah mahar pernikahan telah ditentukan dan itu sangat besar.  Masyarakat akan memberikan penentuan jumlah mahar sesuai dengan status kebangawanan dari tingkat pendidikan hingga pekerjaan dari calon mempelai wanita. Jika wanita memiliki pendidikan tinggi dan sudah bekerja atau sebagai PNS, mahar yang harus dikeluarkan seorang laki-laki kisaran 10 juta hingga 250 juta rupiah.

Nias


pernikahan adat nias
Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Mahar di Nias disebut Bowo dan inilah yang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi mereka khususnya mempelai laki-laki untuk melangsungkan pernikahan di tempat ini. Pemberian mahar yang telah ditentukan dirasa sangat berat karena semua mayoritas masyarakat bekerja sebagai petani. Bowo atau mahar di pulau Nias diukur dan ditentukan dari harga babi yang jumlahnya mencapai 25 ekor. Dimana setiap satu ekor babi harganya sekitar 1 juta rupiah jadi setidaknya harus menyiapkan 25 juta rupiah untuk menikah di Pulau Nias ini.

Aceh


pernikahan adat aceh
Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Aceh atau serambi Mekah ini juga mempunyai tradisi sendiri dalam hal pernikahan khususnya dalam pemberian mahar kepada sang calon mempelai wanita. Mahar di Aceh telah ditentukan dan diukur dengan emas. Masyarakat setempat menyebutnya mayam dimana standart satu mayam itu senlai dengan emas seberat 3,3 gram atau setara dengan 1.750.000.

Bugis


adat pernikahan bugis
Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia

Nah, bagi anda para lelaki yang ingin menikahi gadis-gadis cantik idaman yang berasal dari Bugis harus mulai menabung dari sekarang karena mahar di daerah ini akan membuat anda tercengang. Masyarakat Bugis telah menentukan jumlah mahar pernikahan sesuai dengan derajat dari sang mempelai wanita dari pendidikannya. Jadi semakin tinggi pendidikannya maka semakin besar mahar yang harus diberikan oleh mempelai laki-laki. Sebagi contoh jika sang wanita yang lulusan S1 mahar yang harus dibayar 50 juta rupiah lebih dan jika S2 sebesar 75 juta rupiah lebih, dan seterusnya.

Itulah Daerah Dengan Mahar Pernikahan Paling Mahal di Indonesia yang cukup mencengangkan bukan? Namun jika cinta apapun tetap dilakukan walaupun harus dengan suatu pengorbanan. Di setiap daerah memiliki tradisi dan budayanya masing-masing khususnya dalam pemberian mahar dalam pernikahan dan itu tetap harus dijaga dann dihormati karena sudah menjadi tradisi yang melekat pada suatu daerah.  Hal ini juga menjadi bagian dari masyarakat dan ciri khas bangsa yang menjadi suatu kekayaan budaya bangsa. Baca pula artikel ini Tempat Mujarab Buat Nyari Jodoh Bagi Para Jomblo dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terbaru. Like dan Share ya agar banyak orang yang mengenal budaya dan tradisi bangsa Indonesia yang beragam ini.

Older Posts
Newer Posts
Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4