24 C
en

Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Hewan Unik Langka yang Sudah Punah menjadi salah satu bukti nyata perlakuan sebagian dari manusia yang kurang memperhatikan satwa-satwa di sekitar. Hewan langka nan unik tentu membutuhkan perlindungan dan perhatian yang penuh agar tetap hidup, berkembang dengan baik. Di dunia ini terdapat beberapa hewan unik dan langka yang sudah punah dan itu sangat disayangkan karena tidak dapat menjaganya dengan baik justru malah diburu untuk keperluan tertentu.


hewan unik dan langka
Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Kali ini asliunik.net akan membahas tentang hewan-hewan unik dan langka yang sudah punah dari dunia ini. Hewan-hewan ini memiliki ciri khas unik dan sangat cantik namun sayang keberadaannya sudah langka. Berikut beberapa hewan unik dan langka yang sudah punah dan semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk tidak egois memanfaatkan keunikan binatang demi kebutuhan tertentu yang mengakibatkan hilangnya spesies tersebut dari muka bumi ini.

Hewan Unik Langka yang Sudah Punah


Moa


moa
Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Moa merupakan burung paling besar atau bisa dibilang burung raksasa yang tidak bisa terbang. Hewan ini dulunya hidup dan berkembang di Selandia Baru. Sekitar tahun 1300 an burung ini diburu untuk kepentingan tertentu hingga keberadaan burung ini tidak lebih dari 100 tahun. akibat perburuan liar tersebut kini burung raksasa ini dinyatakan punah.

Tasmanian Tiger


tasmanian tiger
Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Tasmanian tiger atau nama latinnya Thylacine ini merupakan hewan unik yang seharusnya dijaga dan dilestarikan. Hewan ini dapat ditemukan di Pulau Tasmania sebelah selatan negara Australia. Hewan ini bersifat karnivora dan dianggap mengganggu hewan ternak maka hewan ini terus diburu dan dibunuh. Akhirnya pada tahun 1936 tasmanian tiger ini punah dan lenyap dari muka bumi.

Great Aux


great aux
Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Great aux atau sering disebut dengan Penguin ini adalah sejenis burung endemik yang ada di Inggris. Keberadaan burung unik dan langka ini akhirnya dinyatakan punah di tahun 1884 karena adanya perburuan liar terhadap spesies burung ini. Setelah dinyatakan punah, ada penjelajah yang menemukan burung yang memiliki ciri-ciri seperti great aux di Kutub Selatan.

Pyrenian Ibex


pyrenian ibex
Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Pyrenian ibex merupakan hewan unik yang memiliki ciri khas pada tanduk di kepalanya yang mirip seperti domba. Pada awalnya hewan bertanduk ini memiliki jumlah yang cukup banyak dan hidup di daerah pegunungan Pyreness, Perancis.  Akibat perburuan juga hewan ini akhirnya dinyatakan punah tahun 2000. Pyrenian ibex yang terakhir ada di bumi ini bernama Celia. Karena keunikan dari hewan ini ada sejumlah ilmuwan mengkloning celia dan berhasil namun cloning celia tidak dapat bertahan hidup karena gagal bernafas.


Quagga


quagga
Hewan Unik Langka yang Sudah Punah

Kalau melihat gambar diatas tentu akan berfikir bahwa hewan itu seperti hewan-hewan dalam cerita dongeng yang pernah ada. Tidak disangka hewan unik bak negri dongeng tersebut pernah ada dan hidup di dunia ini. sungguh indah, coba saja masih ada hingga kini? Hewan ini memiliki rupa dan tubuh yang unik seperti perpaduan zebra dan kuda.  

Hewan ini hanya hidup di wilayah selatan Afrika dan mengalami kepunahan karena perburuan orang yang tidak bertanggung jawab.  Quagga yang terakhir hidup dialam yang bebas dan tahun 1870 mati karena ditembak.  Selain itu ada quagga yang tinggal dikebun binatang yang ada di Amsterdam juga mati pada 12-8-1883. Alhasil hewan unik seperti yang ada dinegri dongeng akhirnya punah dan tidak bisa dijumpai lagi.

Itulah beberapa Hewan Unik Langka yang Sudah Punah, sebenarnya sangat disayangkan sekali keunikan dan keindahan dari hewan-hewan tersebut punah tanpa sisa. Maka dari itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan hewan-hewan serta menjaga alam dengan baik agar tidak terjadi hal serupa seperti diatas. Baca pula Binatang Transparan Paling Unik di Dunia dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru. Like & share ya agar kita semua memiliki rasa sayang terhadao lingkungan dan seisinya dengan sebaik mungkin tanpa merusak atau memburu.

Older Posts
Newer Posts
Tes Iklan
Tes Iklan

Ads Single Post 4